News
News
Setiap sistem manajemen memiliki keinginan tinggi terhadap kualitas. Sebagai contoh penerapan Total Quality Management (TQM) dan Six Sigma di perusahaan selalu berbicara bagaimana kita bisa membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan-perbaikan. Kenapa kualitas ini menjadi penting bagi bisnis Anda?
1. Meningkatkan reputasi perusahaan
Dengan menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan akan mendapatkan predikat yang bagus di mata pelanggan. Bahkan tidak menutup kemungkinan produk akan cepat berekspansi ke pasar global.
2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, berarti perusahaan mampu melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste)
3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelanggan
Kualitas menjadi kunci utama agar produk dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu. Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.
Anda sebagai pengusaha, pastinya ingin bisnis yang berkelanjutan dengan meluncurkan lebih dari satu produk bukan? Mulai pikirkan produk dan kualitas seperti apa yang akan diminati pasar. Karena pada akhirnya, kualitas lah yang dinilai konsumen, bukan yang lain. Mungkin konsumen tidak peduli bagaimana Anda melakukannya, tetapi mereka hanya peduli pada kualitas apa yang mereka dapatkan dengan produk atau layanan Anda.
Saat ini konsumen cenderung memilih sebuah produk karena kelebihan, baik itu fitur yang lebih komplit atau pun pelayanan pelanggan yang lebih baik. Anda harus bisa mewujudkan itu. Berikan sesuatu yang selalu berbeda, yaitu apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Jadikan kualitas menjadi hal utama.
ISO 26000
ISO 26000 adalah standar internasional yang memberikan panduan dan menetapkan prinsip dan pedoman social responsibility / tanggung jawab sosial. Standar ini Dikembangkan untuk membantu organisasi dengan menilai dan mengatasi tanggung jawab sosial seperti pelanggan dan masyarakat serta dampak lingkungan dari proses mereka.
Standar ini menawarkan panduan menyeluruh dan saran yang efektif bagi organisasi untuk beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial, seperti melalui prosedur implementasi untuk mengadopsi standar. ISO 26000 ini hanya menawarkan panduan bukan sertifikasi.
ISO 26000 dikembangkan untuk menanggapi kebutuhan dunia yang berkembang untuk praktik terbaik yang jelas dan selaras tentang bagaimana memastikan keadilan sosial, Ekosistem yang sehat dan tata kelola organisasi yang baik, dengan tujuan akhir untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.
Pedoman standar ISO 26000 berputar di sekitar 7 titik sentral yang disorot di bawah ini:
- Tata kelola organisasi;
- Hak asasi Manusia;
- Praktik perburuhan;
- Tanggung jawab lingkungan;
- Keadilan praktik organisasi;
- Masalah perlindungan konsumen dan konsumen;
- Komunitas yang berkembang dan berkembang.
7 poin ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa area berikutnya yang mungkin tumpang tindih. Bergantung pada setiap masalah, standar ini memberikan pedoman dan strategi implementasi yang tepat bagi organisasi untuk menilai sendiri status mereka saat ini dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai.
Apa itu social responsibility dan seberapa pentingnya. ?
social responsibility menentukan bahwa perusahaan memiliki tugas yang melekat untuk bertindak demi kepentingan lingkungan dan masyarakat. Tujuan utama dari tanggung jawab sosial adalah untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Organisasi, bagaimanapun, memainkan peran penting dalam kaitannya dengan masyarakat di mana mereka beroperasi, dan mereka memiliki tanggung jawab moral untuk beroperasi dengan cara yang memastikan mereka menjaga ekosistem yang sehat dan kesetaraan sosial.
ISO 26000 telah menekankan bahwa faktor penting dalam beroperasi secara efisien untuk bisnis adalah kemampuannya untuk mengejar kinerja ekonomi sambil mematuhi undang-undang sosial dan lingkungan. Organisasi menjadi semakin sadar, karena tekanan sosial, akan pentingnya dan perlunya perilaku yang bertanggung jawab secara sosial, sebagian karena kegiatan mereka bergantung pada kesehatan ekosistem dunia dalam jangka panjang.
Bagaimana sebuah organisasi mendapat manfaat dari tanggung jawab sosial?
implementasi kebijakan dan pedoman yang dijabarkan dalam ISO 26000 memberi perusahaan:
- Reputasi yang lebih baik;
- Meningkatnya kemampuan untuk menarik dan mempertahankan pekerja serta pelanggan dan pemangku kepentingan;
- Pemeliharaan moral, komitmen, dan produktivitas karyawan;
- Persepsi publik yang menguntungkan dengan investor, pemilik, donor dan kepentingan keuangan.
- Peningkatan hubungan eksternal dengan perusahaan lain, media dan komunitas.
ISO 26000 juga menawarkan panduan bagi perusahaan untuk menemukan keunggulan kompetitif dengan mengadopsi posisi berkelanjutan yang membedakan perusahaan Anda sebagai pilihan yang lebih baik di antara pesaing Anda. Tanggung jawab sosial dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pembangunan merek.
Anda ingin mengasosiasikan nama perusahaan Anda dengan citra positif dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menerapkan strategi yang bertanggung jawab secara sosial ke dalam kebijakan perusahaan yang dapat dipuji secara universal. Anda bahkan mungkin membuka pintu untuk peluang pemasaran lebih lanjut dan juga merek-bersama.